Rabu, 16 Juni 2010

Dua Pengusaha Berbagi Cerita

Mungkin banyak orang menganggap kalau ilmu seorang pengusaha hanya didapat kalau kita menjadi orang terdekatnya. Pengusaha pelit membagi ilmunya. Anggapan itu salah besar, karena saya membuktikan bahwa pengusaha dimanapun akan selalu terbuka jika diajak sharing tentang pengalamannya selama berwirausaha.
Ada dua pengusaha yang membuat saya termotivasi ingin menjadi pengusaha, yaitu Dr AB Susanto (Founder The Jakarta Consultan, Entrepreneurship, Penulis 40 Buku tentang Manajemen dan Kewirausahaan) dan Juniardi, SH (The Best Motivator Indonesia, Presiden KBPI, Entrepreneurship, Ketua Inkubator Indonesia).
Dua pengusaha ini hadir dalam acara Seminar Nasional Leadpreneurship dengan tema “Pendekatan Manajemen Kepimpinan dalam Meningkatkan Profesionalitas Entrepreneur Berdaya Saing Global” di Gedung Pertemuan Lantai 5 Rektorat UIN Maliki Malang. Jum’at (21/5). Saya banyak mendapat ilmu dari kedua pengusaha tersebut.
Seperti yang disebutkan oleh Pak Jun, sapaan akrab Juniardi, ketika menceritakan kisah awal menjalani usaha sampai sukses sekarang. “Pengalaman saya membangun usaha, ya dimulai dari saya sendiri. Sebagai sarjana hukum, saya tidak minder berwirausaha karena saya memang ingin menjadi wirausahawan sukses. Yang saya lakukan, action, action dan action, itu saja intinya.”
Sedangkan Dr AB Susanto membukakan paradigma saya, betapa Indonesia kering wirausahawan. Karena menurut Ciputra Indonesia membutuhkan setidaknya dua persen penduduknya menjadi wirausahawan untuk menopang kemajuan ekonomi. Padahal saat ini hanya terdapat sekitar 0,8 persen penduduk Indonesia yang menjadi wirausahawan. Kitalah wirausahawan Indonesia berikutnya, yang menjadi bagian dari penggerak kemajuan perekonomian Indonesia.
Atmosfer di dalam ruangan begitu riuh dengan semangat para peserta. Di termin tanya jawab, antusiasme peserta semakin bergairah. Mereka banyak bertanya tentang kiat-kiat kedua pengusaha tersebut menggapai kesuksesannya. Ada juga yang bertanya tentang kondisi kasus Gayus yang masih hangat diperbincangkan di banyak media.
Betapa senangnya ketika Pak Jun membocorkan faktor kesuksesan seorang pengusaha. Pak Jun menuturkan jika yang di ruangan ini ingin sukses, kuncinya adalah ingat Allah, menggali informasi sebanyak mungkin, memakai kepintarannya, berpikir inovatif, kreatif dan intuitif, terakhir bersedekah. “Insya Allah kalian akan jadi pengusaha sukses,” katanya.
Ratusan peserta yang hadir saat itu terdiri dari praktisi usaha, Guru SMK, SMA, MA se-Malang Raya, Mahasiswa Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Program yang diselenggarakan atas kerja sama Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UIN Maliki dengan Penerbit Erlangga dan Esensi Erlangga Group ini cukup sukses. Terlihat dari banyaknya peserta dan semangat mereka yang tak habis sampai acara seminar selesai.
Sekaligus meyakinkan bahwa mahasiswa masa depan adalah mahasiswa yang berparadigma wirausaha dan yang mampu mengelola dirinya sebagaimana pengusaha mengelola usahanya sampai menjadi sukses sedemikian rupa. (*)
sumber dari http://www.surya.co.id/2010/06/01/dua-pengusaha-berbagi-cerita.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar