Rabu, 16 Juni 2010

Motivasi Dahsyat Mengguncang Dunia


Judul Buku : 700 Motivasi Dahsyat Pengguncang Dunia!

Penulis : Ida Prastiowati

Penerbit : Pustaka Grhatama

Cetakan : I, 2009

Tebal : 136 Halaman


Semakin kritis krisis global yang dirasakan masyarakat Indonesia. Sampai menganggap mereka hidup di dunia ini yang penting berkecukupan. Sampai apatis terhadap hidup sukses dan menginginkan hidup di dunia selalu instan praktis.

Tidak peduli apa tujuannya buat masa depan. Tidak ada motivasi yang membuat mereka tergugah dan bangun dari kemiskinan. Faktanya, mayoritas masyarakat Indonesia mengalami kemiskinan yang kompleks. Miskin rohani, miskin finansial, miskin mental, miskin emosional. Kurangnya motivasi itulah yang membawa mereka ke jurang kemiskinan.

Padahal lahirnya negara Indonesia berawal dari sebuah motivasi. Motivasi Bung Karno, Tokoh Proklamator Indonesia pertama kali membaca teks proklamasi Indonesia yang meinginginkan merdeka. Bebas dari penjajahan Belanda selama 350 tahun. Mendirikan negara yang berdaulat. Dan pengalaman orang-orang dari segala abad membuktikan bahwa memiliki motivasi hidup sangat penting.

Thomas Alva Edison, menciptakan lampu setelah melakukan percobaan yang ke-seribu kali. Dia pantang menyerah, ia menilai kelemahan terbesar kita terletak pada menyerah. Jalan paling pasti untuk sukses adalah selalu mencoba sekali lagi.

Seperti Ary Ginanjar Agustian, Sang Maestro Motivator ESQ Leadership Indonesia yang melahirkan ratusan bahkan ribuan manusia-manusia Indonesia berkualitas. Tentunya bermula dari motivasi.

Buku 700 Motivasi Dahsyat Pengguncang Dunia karya Ida Prastiowati membincang kembali pentingnya sebuah motivasi. Saripati buah pemikiran para orang-orang hebat terkumpul jadi satu. Ida Prastiowati mengajak kita untuk bersaksi bahwa para pengguncang dunia dahulunya juga memiliki motivasi.

Dari lembaran pertama, Ida Prastiowati menyuguhkan saripati motivasi-motivasi sang Penakluk Dunia, ada Walter Bailey menuturkan “kebahagiaan terbesar dalam hidup ini adalah mengerjakan sesuatu yang kata orang-orang tak bisa kita kerjakan.” Juga ada Pearl Bailey, Kahlil Gibran, Virginia Wolf, Friedrich Nietzsche, Malcolm Bane.

Di lembar berikutnya, motivasi dari sang Penggerak Hidup. Yaitu kehidupan orang-orang dengan kualitas tinggi. Sang penggerak hidup itu antara lain, Robert Forst, Neale Donald Walsch, Jan Amos Comenius, Henry Ford, Harding Lawrence, Thomas Alva Edison. Dale Carnegie mengatakan Anda tak akan meraih sukses jika tidak mencintai apa yang Anda kerjakan.

Napoleon Bonaparte, adalah salah satu seorang Penggugah Energi bagi kehidupan di dunia ini, dengan tegasnya berkata “Orang-orang yang mengubah dunia tak pernah melakukan dengan mengubah petugas, tapi selalu mengilhami orang-orang.” Whitney Young, Jr, Charles Darwin, Henry Truman, Helen Keller. Mereka-mereka yang memenangkan kehidupan dengan mengatasi hambatan, energinya hanya untuk meraih sesuatu yang indah.

Setelahnya, kita butuh mentor Penginspirasi Hidup. Karena inspirasi adalah harga mahal kehidupan. Telah banyak di dunia ini penuh dengan gelandangan berpendidikan tapi tak bisa jadi inspirator. Calvin Coolidge justru menginspirasi kita untuk tetap maju, ketekunan dan kebulatan tekad adalah kekuatan yang sangat dahsyat, dan terus bisa menyelesaikan masalah.

Maka, O.A. Battista menambahkan tak ada jalan yang lebih pasti untuk menemukan keberuntungan selain dengan menyingsingkan lengan baju. Para penginspirasi hidup di antaranya Bunda Teresa, Emanuel Swedenborg, Napoleon Hill, Louis Pasteur, Winston Churcill, T.S. Elliot, Theodore Roosevelt.

Begitu kita mendapatkan Inspirator hidup maka kita cari pengikat harapan. Pengikat harapan yang mampu meneguhkan motivasi. Seperti Benjamin Franklin, Charles Kingsley, William James, Lao-Tse, George Santayana. Dan kita hidup pada masa kini, kita bermimpi tentang masa depan, tapi kita belajar kebenaran abadi di masa lalu. Itulah pengikat harapan dari Madame Chiang Kai-Sek.

Memelihara hidup haruslah ada penempa mental. Mental kesuksesan dibangun dari pondasi impian dan motivasi. Belajar dari Dr. Hamka dengan menuturkan terus terang adalah sifat kestaria, tetapi berani surut dari yang salah dan berani mengakui lebih kesatria. Sikap mental kesatria perlu kita tumbuhkan. Karena menurut Rumi dalam “Chicken Soup for the Teenage Soul” bahwasanya kamu dilahirkan dengan sayap. Mengapa kamu lebih suka merangkak menjalani hidup?

Sub-sub bab buku ini menarik dan bergizi. Ratusan motivasi menjadi menu kehidupan kita sehari-hari. Kita akan kaya lewat perubahan. Kita mampu menghancurkan ketakutan. Jadi, buku ini bukan hanya sekedar pengubah dan penggerak tapi pengguncang dunia.

Bukan pemanis kehidupan juga bukan pelicin masa depan tapi sebagai pendobrak peradaban kesuksesan. Kita menjadi kaya rohani, kaya finansial, kaya mental, kaya emosional. Setelah kita membaca buku ini, kita memiliki motivasi sukses layaknya pemenang puzzle kehidupan.

Lewat ide brillian Ida Prastiowati, buku ini sangat bermanfaat dan baik bagi pembaca dan bagi siapa saja yang ingin mengguncang dunia dengan kesuksesan. Maka tak ada orang-orang sukses yang tak memiliki motivasi di kehidupannya. Selamat membaca! []

resensi ini dipublikasikan di Koran Duta Masyarakat (termasuk resensi sebelumnya)

1 komentar: